“Successful Things to Grow The Digital Business” ala pendiri Tokopedia


Halo, sobat DM!

Siapa sih yang gak kenal William Tanujaya? Kalian pasti gak asing lagi nih sama  namanya. Dia adalah pendiri dari situs jual beli online terbesar di Indonesia, Tokopedia. Sejak didirikannya Tokopedia di tahun 2009 menjadi kekuatan yang mendorong UKM dan mempelopori digital di Indonesia dan menjadi salah satu destinasi marketplace yang digemari masyarakat Indonesia untuk berbelanja online mulai dari kebutuhan pokok, sandang, bahkan bahan-bahan untuk pangan.

Pasang surut dalam mengembangkan bisnis telah dialaminya. Ada beberapa hal menjadi acuan untuk terus berkembang, ini dapat menjadi ilmu baru untuk membangun bisnis digital yang pastinya bisa kita terapin juga untuk memulai membangun usaha.

Berikut adalah tips-tips ala William Tanuwijaya :

1. Ubah Dan Kembangkan Pola Pikiran

William Tanuwijaya mengatakan “Manusia terbagi dalam dua pola pikir, pertama adalah bawaan lahir, dan kedua adalah Growth Mindset bahwa kecerdasan itu adalah proses. Mereka yang punya pola pikir kedua adalah orang-orang yang menjadikan kegagalan sebagai pemacu.”

2. Awali Dari Ide Yang Sederhana

Untuk memulai berbisnis bisa dimulai dari ide-ide sederhana atau pendapat orang sekitar sebagai pembelajaran awal memulai bisnis dan menyusun strategi bagus untuk perkembangan ide kita menjadi sebuah usaha bisnis..

3.Bermimpilah Yang Besar

Usaha berbisnis harus memiliki mimpi yang besar untuk dicapai, hal itu bisa membantu kita bila mengalami halangan atau tantangan yang berat.

4.Terus Berinovasi Dan Evaluasi

Berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya akan menjadi kekuatan untuk terus tumbuh dan tahan banting kedepannya. Kompetitor terbesar bagi kita sebenarnya adalah diri kita sendiri, jika kita sudah dipercaya oleh konsumen, kita harus terus menjadi lebih baik untuk mempertahakannya.

William Tanuwijaya tidak mengenal kata menyerah dan tetap terus berjuang mencari pengalaman demi terciptanya cita-citanya. Tidak masalah kita jatuh, asalkan kita tidak pernah menyerah. Itulah beberapa tips sukses untuk memulai bisnis digital ala William Tanuwijaya. Tetap semangat dan jangan menyerah ya, sobat DM!